Imam Supriyanto, Antara NII dan Al-Zaytun

6 May 2011

Berita adanya Negara Islam Indonesia (NII) akhir-akhir ini kembali mencuat setelah beberapa tahun lalu sempat muncul namun tenggelam kembali. Mencuatnya NII baik di media cetak, TV maupun portal berita tak lepas dari terungkapnya kasus cuci otak jaringan NII terhadap mahasiswa Universitas Muhammadiyah Malang (UMM) beberapa waktu lalu.

kini muncul nama Imam Supriyanto yang disebut sebagai mantan menteri Negara Islam Indonesia Kawasan 9 (NII KW9), Imam Supriyanto kini menjadi langganan pemburu berita.

Siapa Imam Supriyanto?
Imam Supriyanto pernah menjabat sebagai ketua Yayasan Pesantren Indonesia (YPI) yang mengelola Mahad (Pondok Pesantren) Al-Zaytun di Indramayu yang banyak diberitakan sebagai basis NII. Yang menarik, biasanya kita mendengar laporan dari para korban gerakan NII namun sekarang orang dalam sendiri yang berbicara. Saya percaya dan tahu bahwa Imam Supriyanto pernah menjadi pengurus di YPI, dan ini membuat saya kaget sekaligus kagum.

Saya kaget karena baru tahu Imam Supriyanto telah meninggalkan jabatannya sebagai ketua YPI Al-Zaytun dan kagum karena tidak menduga ia akan tampil di publik membeberkan NII dan Al-Zaytun.

Imam Supriyanto mengaku keluar dari NII pada tahun 2007, ia sadar saat menderita sakit. Didalam mimpinya ia dibangunkan oleh dirinya sendiri untuk keluar dari NII dan meminta maaf kepada Ibunya, karena saat masih di NII ia sering mengabaikan nasihat ibunya.

Imam Supriyanto pernah tersandung kasus Windu Kencana, sebuah proyek oleh Al-Zaytun membuat danau wisata terpadu peternakan di Cibenoang seluas ratusan hektar yang mencakup tiga desa dengan mendatangkan sekitar 1200 sapi impor dari Australia, karena mati akibat penyesuaian iklim kini tersisa 500an sapi. Menurut seorang rekan yang memberikan informasi tersebut, belum jelas kesalahan apa yang dilakukan Imam Supriyanto.

Ketua YPI saat ini adalah Imam An-Naba putra sulung dari Panji Gumilang, pimpinan Pondok Pesantren Al-Zaytun. Nama Panji Gumilang kembali naik ke permukaan karena disebut-sebut sebagai ketua NII KW9. Selama belum terbukti secara hukum kita tidak dapat mengatakan iya meski sudah banyak bukti yang mengarah Panji Gumilang adalah ketua NII. Kini mari kita dengar apa yang dikatakan Imam Supriyanto. :D
*pantau detik.com*


TAGS NII Al Zaytun


-

Author

Follow Me