Tips Menggali Ide

17 May 2011

menggali-ideMalu, pelit usaha, buntu ide, nggak tau harus mulai dari mana, takut ditolak, takut dibilang jelek dan pengen langsung top adalah beberapa point kelemahan yang dialami para penulis pemula, demikian yang disampaikan oleh Dian Purnomo pada acara Akademi Berbagi yang diadakan di Semarang Jumat (13/05) lau dengan tema Investasi Murah = Menulis

Dian Purnomo adalah penulis yang juga aktif diberbagai event sosial, malam itu ia berbagi pengalaman menulis.

Bermula dari satu kata
Mbak Dian mencontohkan kepada peserta yang hadir, bagaimana mengembangkan sebuah ide cerita. Satu peserta yang ditunjuk diminta untuk menyebutkan satu kata, kemudian ia menunjuk peserta lain untuk menyebutkan lima kata yang berkaitan. Dari lima kata dipilih satu kata yang disenangi, kemudian meminta peserta lain untuk mengembangkan satu kata tadi menjadi lima kata, begitu seterusnya.

Kata-kata yang sudah disebutkan tadi dapat dijadikan sebuah cerita dengan menambahkan atau tidak memasukkan kata yang telah disebutkan.
Ternyata ide bisa dimulai dari satu kata. Jika merasa bingung karena kehabisan ide, cobalah menulis satu kata kemudian dikembangkan menjadi beberapa kata dan kembangkan.

Tips Menggali Ide
* Tulis satu kata, temukan lima kata lain yang mengikutinya
* Ambil kertas kosong, tulis atau gambar apapun yang muncul di kepala saat itu juga.
* Tulis dengan cepat
* Nggak perlu ada koreksi
* Jangan dibaca ulang, karena tulisan bisa dikoreksi diakhir.

Dian Purnomo juga menambahkan bahwa modal menulis itu GRATIS!!!
* 26 huruf
Kita memiliki 26 huruf yang bisa kembangkan menjadi kata dan beberapa kalimat, yang selanjutnya bisa kita jadikan sebuah cerita
* Berbagai bentuk tanda baca
Tersedia berbagai macam bentuk tanda baca yang bisa digunakan sebagai pengganti ekspresi tokoh atau pelengkap isi cerita.
* 10 angka
Tersedia 10 angka dari digit 0 9 yang bisa kita gunakan
* Komputer/laptop gratis
Untuk menulis cerita tak harus memiliki komputer, bahkan bisa pinjam sekalipun
* Internet
Sekarang sudah tersebar tempat yang menyediakan hotspot gratis, sehingga nggak perlu repot ketika harus mengirimkan naskah cerpen, novel atau artikel ke email editor atau penerbit.
* Kemauan
Ini adalaha satu point yang gratis tapi mahal. Sebuah kemauan untuk memulai menulis. Mungkin dapat dilakukan dengan memotivasi diri bahwa menulis adalah tanggung jawab yang harus dikerjakan.


TAGS Menulis Ide akademi berbagi


-

Author

Follow Me