Distribusi Musik Secara Efektif

19 Dec 2011

Pernah makan di restoran cepat saji KFC? Pasti kita ditawari paketan dengan iming-iming sebuah CD musik yang diberikan secara gratis alias cuma-cuma.

Apakah KFC rugi dan hasil karya sejumlah artis sebut saja Agnes Monica, SMASH dan Rossa dihargai murah? Tidak, KFC tidak mungkin rugi. Malah untung karena dengan iming-iming CD gratis pelanggan merogoh kocek lebih, karena awalnya tidak membeli paketan. Untuk artisnya sendiri tak akan rugi, toh panghasilan dari kaset atau CD tidak seberapa jika dibanding dengan bayaran manggung mereka. Malah ini sebuah distribusi efektif yang dilakukan para artis, lagu mereka lebih cepat dikenal. Widi Asmoro, salah satu penggiat musik tanah air dalam situsnya mengungkapkan bahwa distribusi seperti ini tidak sampai satu bulam sudah lebih dari 3000 CD berpindah tangan ke para fans. Luar biasa.

Hal yang serupa juga dilakukan minimarket Indomaret yang menjual CD musik dengan tawaran harga diskon. Tak selamanya cara pemasaran dengan bundling berjalan sesuai yang diinginkan. Lihat pemasaran album milik Teuku Wisnu yang dipasarkan SPBU rasanya percuma meski telah di sounding, SPBU kurang tepat menjadi pusat distribusi karena bukan tempat nongkrong.


TAGS


-

Author

Follow Me