Kini, Kereta Api Bebas Asap Rokok

16 Apr 2012

Beberapa waktu lalu saya melakukan perjalanan Semarang Jakarta PP menggunakan angkutan transportasi rakyat, apalagi kalo bukan kereta api :) Ada yang berbeda dengan tiket kereta kali ini, padahal dua bulan sebelumnya saya melakukan perjalanan serupa. Selain logo baru kereta api, pada tiket ada stempel dengan tulisan Perjalanan bebas asap rokok.

Saya menyambut positif upaya yang dilakukan PT. Kereta Api Indonesia (PT.KAI) ini, sebuah kampanye halus kepada para perokok khususnya kepada penumpang kereta api. Penumpang mau tidak mau pasti melihat imbauan tersebut pada tiketnya. Saya katakan imbauan bukan larangan karena kalimat yang digunakan halus tidak mengandung kalimat larangan.

Meski saya melakukan perjalanan kereta api kelas ekonomi, gerbong nyaman bebas asap rokok malah membuat lupa bahwa kereta yang saya naiki adalah kereta ekonomi. Semakin lupa karena perjalanan kali ini saya ditemani seseorang yang istimewa, kereta ekonomi berasa kereta eksekutif. *uhuk* :p Dan saya pun tersadar bahwa ini kelas ekonomi oleh suara pedagang asongan yang menjual baterai handphone. batre handphone.. batre handphoe.. 10 ribu sudah dicash.. silahkan dicoba.. hahaha

Apakah kampanye ini hanya sekedar tulisan tanpa ada tindakan nyata dari pihak PT.KAI? tidak! Saya mendapati kru kereta api menegur seorang penumpang yang merokok di sambungan gerbong. Semoga langkah baik ini menjadi kebiasaan baik yang dapat berjalan terus. Semoga. :)


TAGS kereta api tiket logo


-

Author

Follow Me