Karimun Wagon R, Best Low Cost Green Car (LCGC) 2014

16 Apr 2014

Sejak mobil murah ramah lingkungan dicanangkan oleh pemerintah, keinginan untuk memiliki mobil jadi lebih mudah untuk diwujudkan. Target konsumen untuk kelas ini adalah mereka yang ingin mengganti motor mereka dengan mobil atau mereka yang ingin berniat untuk membeli mobil lagi. Oleh karena itu faktor pembanding seperti harga, keiritan bensin dan fitur merupakan hal yang sangat penting.

PT. Suzuki Indomobil Sales (PT. SIS) meluncurkan Karimun WagonR sebagai komitmen dalam mendukung program pemerintah mengenai mobil ramah lingkungan yang hemat energi dengan harga terjangkau (Low Cost Green Car). Mari kita kupas secara perlahan.

Eksterior

Dengan dimensi body panjang 3.600mm dan lebar 1.755mm dan tinggi 1.700mm, Karimun WagonR memiliki tampilan eksterior yang kompak dan kokoh. Front Grill yang mewah dan Rear Garnish yang stylish memberikan aksen Karimun WagonR yang mewah dan stylish.Kemewahan eksterior kian terpancar dengan adanya tambahan fitur Roof Rail yang Sporty (GX dan GL). Headlamp Blue Eyes yang elegan semakin menambah pancaran pesona Karimun Wagon R. Sejumlah tampilan eksterior tersebut menjadi bukti bahwa Karimun Wagon R, memberikan lebih dari cukup untuk tampilan yang compact, namun kokoh dan mewah.

Interior

Meskipun dibalut dengan eksterior body yang compact, Karimun Wagon R menawarkan ruang yang lapang dan kemewahan pada sisi interior.

Dalam hal kemewahan, pengemudi akan dimanjakan dengan tampilan dashoard yang modern. Tampilan cluster meter yang sporty (GX dan GL) juga menjadi salah satu kemewahan yang ditawarkan Karimun WagonR. Gear Shift Indicator juga disematkan untuk membantu pengemudi dalam mengetahui perpindahan posisi gear. Adanya fitur electric power steering dan power window (GX dan GL) semakin memudahkan dan memanjakan pengemudi.

Kabin lapang dan elegan. Kabin lapang dan elegan dari Karimun Wagon R memberikan ruang gerak lebih banyak bagi pengemudi dan penumpang. Dengan kabin lega, juga mampu memuat 5 penumpang dewasa atau barang dalam jumlah banyak.

Kabin lapang dan elegan. Kabin lapang dan elegan dari Karimun Wagon R memberikan ruang gerak lebih banyak bagi pengemudi dan penumpang. Dengan kabin lega, juga mampu memuat 5 penumpang dewasa atau barang dalam jumlah banyak.

Demi menambah kenyamanan pengemudi dan pengendara di ruang kabin, Karimun Wagon R juga dilengkapi dengan multi compartment Setidaknya terdapat 11 multi compartment yang mudah dijangkau.

Demi menambah kenyamanan pengemudi dan pengendara di ruang kabin, Karimun Wagon R juga dilengkapi dengan multi compartment Setidaknya terdapat 11 multi compartment yang mudah dijangkau.

Bagasi luas. Mobil tetap nyaman membawa penumpang maupun barang.

Bagasi luas. Mobil tetap nyaman membawa penumpang maupun barang.

Dalam hal kemewahan, pengemudi akan dimanjakan dengan tampilan dashoard yang modern.

Dalam hal kemewahan, pengemudi akan dimanjakan dengan tampilan dashoard yang modern.

Tampilan cluster meter yang sporty (GX dan GL) juga menjadi salah satu kemewahan yang ditawarkan Karimun WagonR.

Tampilan cluster meter yang sporty (GX dan GL) juga menjadi salah satu kemewahan yang ditawarkan Karimun WagonR.

Under Seat Tray

Under Seat Tray

Dibanding dengan para kompetitornya, Suzuki Karimun WagonR berhasil unggul dengan 5 (lima) kelebihan yang menjadikannya mobil SUPER, sebuah akronim dari Spacious, Useful,Practical, Efficient dan Reasonable. Berikut kelebihan Karimun WagonR:

Spacious

Karimun WagonR
Meskipun memiliki bodi yang kompak, Karimun WagonR memiliki interior yang lapang dan elegan. Head Room dan Leg Room yang lega dapat memuat 5 penumpang sekaligus didalam satu mobil. Posisi pengemudi yang tinggi memberikan kemudahan pengemudi melihat ke arah jalan, berkendarapun nyaman.

Selain itu, Karimun WagonR mempunyai bagasi yang luas, dimana dapat diperluas dengan melipat jok belakang untuk menyimpan barang yang lebih besar. Sehingga mobil ini tetap nyaman digunakan untuk membawa penumpang maupun barang. Dengan ruang bagasi yang bisa dibuka lebar dan jarak bagasi 725mm dari tanah, bawaan yang berat hanya membutuhkan sedikit tenaga untuk diangkat ke dalam kendaraan.

Useful

karimun-wagonr-useful

Desain yang kompak membuat Karimun WagonR mudah dikendarai kemanapun tanpa kesulitan, termasuk masuk ke jalan-jalan sempit sekalipun. Lebih menyenangkannya lagi pengemudi dapat memarkirkan kendaraan dengan mudah.

Practical

karimun-wagon-r-practicalTerdapat Under Seat Tray (nampan) yang terletak dibawah tempat duduk penumpang depan, sehingga lebih aman untuk menyimpan barang saat parkir. Mobil ini memiliki multi kompartemen yang bisa digunakan untuk menaruh minuman, menyimpan uang receh, karcis parkir, majalah atau barang bawaan lainnya.

Efficient
Karimun WagonR menggunakan mesin K108 998cc yang ringan, bertenaga dan efisien. Jadi tak perlu khawatir akan performa dan kenyamanan saat mengendarainya kemanapun yang Anda mau.

Reasonable
spg-cantik-suzukiDengan banyaknya fitur yang dimiliki Karimun WagonR, namun dengan harga yang sangat terjangkau membuat mobil ini sungguh lebih dari cukup. Tidak ada alasan untuk tidak mencoba dan memilih untuk mengendarainya.

Safety& Performance

Dari segi fitur dan desain interior sudah tak diragukan lagi. Bagaimana dengan performa dan keamanan yang dimiliki Karimun WagonR?

Pihak Suzuki ternyata memperhatikan betul detail kenyamanan dan keamanan produknya. Apalagi fitur-fitur ini belum tentu dimiliki oleh produsen lain, seperti:

Immobilizer yang membuat mobil aman dari kasus pencurian khususnya pencurian menggunakan kunci duplikat, karena mesin mobil hanya akan menyala dengan kunci aslinya. Kenapa bisa begitu? Karena di kunci utama Karimun WagonR tertanam chip sensor dan sistem akan memeriksa apakah chip yang ada pada kunci cocok atau tidak. Jika cocok, maka mesin akan menyala. Jika sebaliknya, maka mesin tidak akan menyala.

Selain itu ada juga Keyless Entry (tipe GX) atau tombol alarm yang tergabung di kunci utama, sehingga memudahkan untuk mengunci dan membuka kunci dari jarak jauh. Ditambah lagi dengan fitur Gear Shift Indicator, lampu indikator di cluster meter yang berfungsi untuk memberikan tanda kapan saat yang tepat memindahkan transmisi, membuat pembakaran menjadi lebih optimal. Sehingga konsumsi bahan bakar Karimun WagonR jadi lebih irit dan efisien.

Fitur yang tak kalah penting adalahChild Proof Door Lock, yang berfungsi untuk mencegah pintu terbuka dari dalam oleh anak ketika kendaraan berjalan.

child-proof-door-lock

Warna, Tipe dan Harga

Karimun WagonR diluncurkan dengan 3 (tiga) tipe, yaitu Karimun WagonR-GX,Karimun WagonR-GL dan Karimun WagonR-GA.

Karimun WagonR-GX
Dilengkapi dengan Air Conditioner, 2 Din car audio & 4 speakers, Security Alarm, Keylessentry, Immobilizer, Roof Rails, Alloy Wheel, Electric Window Central Locking, SeatUnder Tray dan memiliki 8 pilihan warna menarik yaitu Lagoon Turquoise 3, Splash Green2, Silky Silver, Cool Black, Pearl White, Radiant Red, Graphite Grey dan Burgundy Red.

Karimun WagonR-GL
Dilengkapi dengan Air Conditioner, 1 Din car audio & 2 speakers, Immobilizer, Roof Rails,Alloy Wheel, Electric Window Central Locking dan memiliki 7 pilihan warna yaitu LagoonTurquoise 3, Splash Green, 2 Silky Silver, Cool Black, Radiant Red, Graphite Grey danBurgundy Red.

Karimun WagonR-GA
Dilengkapi dengan Air Conditioner, Immobilizer dan memiliki 4 pilihan warna yaitu SilkySilver, Cool Black, Radiant Red dan Graphite Grey.

Warna Suzuki Karimun Wagon R

Karimun WagonR dipasarkan dengan harga (OTR Jabodetabek & Sekitarnya): Karimun WagonR-GA: Rp. 77.000.000,- Karimun WagonR-GL: Rp. 89.900.000,- dan Karimun WagonR-GX: Rp. 99.900.000,- Jika melihat fitur-fitur yang diberikan, harga Karimun WagonR tergolong murah.

Karena terbukti super irit, super bandel, super lega dan super terjangkau, Suzuki Karimun WagonR dinobatkan sebagai Best Low Cost Green Car 2014 di ajang Otomotif Award 2014. Selamat! :D

Referensi: suzuki.co.id, Tabloid Otomotif .


TAGS Suzuki Karimun WagonR low cost green car Kelebihan Karimun WagonR Suzuki


-

Author

Follow Me